Malam Tasyakuran HUT RI Ke-74 Desa Gemuhblanten

gemuhblanten.sideka.id (17/08) Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, berbagai macam kegiatan dilakukan sudah sejak beberapa hari yang lalu. Malam 17 Agustus bisa dikatakan sebagai acara puncak menyemarakkan HUT RI tersebut. Setelah sebelumnya diadakan kerja bakti, menghias lingkungan dengan pemasangan lampu hias, bendera dan umbul umbul, lomba anak-anak dan dewasa yang unik dan menarik.

Malam tasyakuran diadakan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT yang telah memberikan anugerah berupa kemerdekaan kepada bangsa dan negara, dengan mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur dalam perlawanan mengusir penjajah dari tanah pertiwi.

Tasyakuran digelar di depan rumah warga, atau di jalan jalan kampung, masjid atau mushola terdekat diiringi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, pemotongan tumpeng, dan doa bersama diharapkan dapat merajut nilai nilai kebhinnekaan, meningkatkan persatuan dan kesatuan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Tidak ketinggalan pula warga Desa Gemuhblanten pada hari Jumat (16/08) dibeberapa tempat mengadakaan tasyakuran kemudian pada tanggal 17 malam nanti dilaksanakan tasyakuran hari kemerdekaan tingkat desa bertempat di Aula Balai Desa Gemuhblanten mulai pukul 19.30 malam. Bapak Heru Setiawan selaku Kepala Desa Gemuhblanten mengharapkan agar kegiatan menyambut HUT RI ini meskipun dilakukan dengan gegap gempita ini jangan merusak tatanan moral dan agama yang sudah sudah menjadi adat istiadat dalam masyarakat sesuai dengan budaya timur yang menjunjung tinggi kesopanan dan kesantunan.

Berikut ini adalah kolase foto kegiatan malam tasyakuran di Desa Gemuhblanten yang redaksi himpun dari grup Whatsapp.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan